Selamat datang ke BelajarBlogs...
Home » , » Cara Setting Domain di co.cc

Cara Setting Domain di co.cc

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa co.cc adalah top level domain yang kita boleh dapatkan secara percuma. Kita boleh mengantikan nama blog kita dari "http://namadomain.blogspot.com" atau "http"//namadomain.wordpress.com" (dll) menjadi "http://namadomain.co.cc" . Dengan co.cc kita boleh control DNS Records, A, MX, dan CNAME records, sehinga domain co.cc bukan hanya sekadar "URL Forwarding".
Berikut ini akan saya akan mengajar tentang cara setting domain di co.cc:

Ada 3 jenis pengaturan di co.cc. Ketiganya memiliki fungsi tersendiri. berikut ini penjelasanya:

1. Managed DNS

Ini biasanya digunakan untuk sebuah web yang memerlukan web hosting dan mengharuskan untuk mengarahkan Name Server-nya ke hosting tersebut. Misal untuk membuat web di 000webhost, atau boleh juga untuk blog wordpress yang menggunakan hosting dari luar. Metode ini tidak sesuai digunakan untuk blogger/blogspot yang menggunakan hosting default dari blogger/blogspot.
Cara setting untuk metode ini yaitu dengan mengisi pada kolom "Name Server 1 dan Name Server 2 dengan name server yg sesuai dengan hosting yang digunakan. Misal, bagi yang menggunakan hosting dari 000webhost maka untuk kolom "Name Server 1" disi dengan "ns01.000webhost.com" dan kolom "Name Server 2" disi dengan "ns02.000webhost.com". Kemudian klik butang "Setup". Selesai




2. Zone Records
Zone records sesuai digunakan bagi para pengguna blogger/blogspot. berikut ini cara setting untuk Zone Records

* Pada kolom "Host" isikan dengan nama domain yg sudah km daftarkan, misal "www.namadomain.co.cc" (jangan lupa letak "www")

  • * Untuk option "TTL" biarkan saja,tidak perlu diubahkan
  • * Pada option "Type" pilih yang "CNAME"
  • * Untuk kolom "Value" isikan "ghs.google.com"

Sehingga akan jadi seperti gambar dibawah:


Seterusnya klik butang "Save Setting"


Selesai. Kalau berhasil (Settingnya sudah benar) maka domain anda yang baru akan aktif dalam waktu antara beberapa jam sampai 2 hari. Jadi bersabarlah menunggunya. Blog anda akan tetap boleh diakses dengan melalui domain yang lama.

3. URL Forwarding
URL forwarding boleh digunakan untuk apa-apa aja, boleh web atau blog. Tapi URL Forwarding ini hanya memforward domain yg baru (yang di co.cc) ke domain lama. Jadi domain lama akan 100% seperti semula tanpa ada perubahan apapun, cuma kita boleh mengakses web/blog kita dengan tulis nama domain baru kita di browser. Jika menggunakan URL Forwarding maka yang terindex di google atau Search engine yang lain adalah tetap Domain kita yang lama.
Untuk setting URL Forwarding sangat mudah, kita hanya mengisikan data-data yang diminta dan disesuaikan dengan web/blog kita, seperti "Redirect to:, Page Title, URL Hiding, Meta Description dan Meta Keywords". Kita tidak perlu lagi setting domain di web/blog kita lagi.
Note: ini tidak dianjurkan jika tidak terpaksa

Jadi kesimpulannya adalah:

  • * Jika anda memakai layanan blogger/blogspot maka gunakanlah "Zone Records"
  • * Jika domainnya digunakan untuk web yg memerlukan hosting atau untuk wordpress maka gunakanlah "Manage DNS"
  • * Jangan menggunakan "URL forwarding" jika tidak terpaksa.Seperti untuk blog dari multiply yang tidak support custom domain.


*Anda dibenarkan untuk menyalin dan menyebarkan artikel ini di blog anda tetapi jangan lupa tulis sumbernya .

3 ulasan:

  1. Mcm mana nk setting Zone Records? Di mana ?

    BalasPadam
  2. http://www.blogspottutorial.com/2009/02/how-to-set-up-cocc-domain-for-blogger.html
    click nie...

    BalasPadam
  3. saya pernah punya blog: sancapapuana.blogspot.com, sejak awal desember 2011 tidak bisa diaktifkan lagi...katanya diblokir...sehingga saya buka blog yg baru, saya mau tanya, apakah bisa diaktifkan kembali..? dan bagaimana caranya...?

    BalasPadam